Saturday, May 18, 2013

The Great Gatsby by F. Scott Fitzgerald


The Great Gatsby
by F. Scott Fitzgerald

ebook, 134 pages
Published by Feedbooks (first published 1925)

The Great Gatsby (TGG)… menurutku buku yang paling "gantung" di antara buku2 lain yang pernah aku baca.

sudah lama "tau" tentang buku ini, sudah beli buku terjemahannya juga sejak kapan tau… tapi belum sampai sekarang belum selesai dibaca… :d

kemaren waktu iseng buka Facebook, ternyata di grup BBI dalam rangka ada filmnya, lagi pada baca bareng TGG, dan aku dengan semangat ikutan… rencananya sih mau posting bareng kemaren tanggal 17/05… tapi trus aku lupa :D

sebenernya sih udah selesai baca versi Inggrisnya hari Selasa [14/05], tapi karena berasa gantung, jadi penasaran pengen baca terjemahannya… tapi ya ternyata terjemahannya bikin buku ini berasa tambah aneh… lebay banget…
hihi… kenapa baru berasa pas baca terjemahannya? karena klo baca yang Inggrisnya, klo ada kosa kata yang agak aneh kan skip2 aja… jadi gak ngerasa deh klo pengarangnya lebay…  >.<

TGG dapet banyak pujian, salah satu novel klasik yang gak ada matinya… walaupun terbit tahun 1925, tapi memang dari segi cerita, TGG ini sangat apa yaa… sangat up to date kali yaa... bisa dibilang akan cocok di masa atau jaman apa pun… kalo menurutku ceritanya universal, bisa aja kejadian di masa sekarang pun atau bahkan di masa yang akan datang…

tapi entah kenapa, mungkin karena ceritanya pendek, dan diceritakan oleh tokoh ketiga sebagai naratornya… jadi aku sebagai pembaca, cuma bisa nangkep perasaan si narator… sayang naratornya juga agak cuek, maksudnya… dia juga gak terlalu melibatkan perasaan pribadinya secara mendalam [mungkin karakter orang jaman dulu yaaa… ], jadi aku sebagai pembaca juga jadi semacam penasaran juga, berasa digantung juga… campur aduk deh…

aku rasa, aku gak perlu nyeritain apa ceritanya yaa… karena alasan diatas, kalo aku cerita, pasti aku langsung cerita "intinya" aja… daripada spoiler, mending baca deh… klo gak nonton filmnya ajaa… yang maen kan Leonardo DiCaprio… ihiy!

aku besok mau nonton, dapet tiket gratisan dari mas ini :D

tadinya mau bikin review bukunya ntar aja setelah nonton filmnya [bukan setelah selesai baca versi terjemahannya… yang masih dilema mau diselesein apa gak… :D ] - tapi… kaya'nya kurang asik ya klo abis nonton filmnya… jadi nanti setelah nonton film di-up date aja postingannya dengan tambahan tentang filmnya… :D

so… see again soon…


up date yang dijanjikan... ;-)

tiba2 kemaren hari Jumat dapet rejeki nomplok [emang yah klo rejeki gak kemana… ] dapet 2 tiket gratis nonton TGG…

sambil kopdar bareng anak2 BBI… akhirnya aku nonton TGG juga…

so… ini pandangan pribadiku… ^.^

ada beberapa dialog yang dituker pembicaranya… harusnya Daisy yang ngomong, di film Nick yang ngomong… ada kalimat yang disederhanakan… jadi "I will not criticize people" [klo gak salah], yang menurutku terlalu jauh karena kalimat aslinya dalem banget… ini kalimat aslinya:

"Whenever you feel like criticizing any one," he told me "just remember that all the people in this world haven't had the advantages that you've had."

emang sih kalimatnya terlalu panjang dan susah juga ya bwat ditangkep klo di film… :d

dan pastinya gak semua yang ada di buku cukup untuk difilmkan...

aku suka filmnya… mostly sama dengan apa yang aku tangkep dari baca bukunya… jadi klo menurut aku filmnya ini salah satu film yang sama bagusnya dengan bukunya atau malah bisa dibilang lebih bagus dari pada bukunya…

hihi… aku gak pe-de banget nih sama hasil pengertian aku dari baca bukunya… karena banyak yang bilang bukunya keren banget… hhhmmm… iya sih… tapi kan… tapi kan… mungkin bacanya mesti bener2 diserapin dan klo ada kata2 gak ngerti mesti dicek ke kamus kali yaaa… ntar deh klo kuliah sastra aku bakalan bahas buku ini… emang kapan mo kuliah sastranya? :d

oh iya... minusnya film TGG cuma... kenapa yang meranin Meyer Wolfsheim mesti Amitabh Bachchan? emang sih "dark"-nya dapet, tapi aku koq ngebayangin Meyer Wolfsheim itu orang Jerman... bukan orang India... :d

anyway, I think I really love the movie… while the book confused me…

I gave it 3 out of 5 stars :D

4 comments:

  1. pengennnn nonton filmnyaaaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayoo mari nonton... gak rugi deeehhh... ;-)

      Delete
  2. aheey kita lagi lucky yaa nonbar gratis :D
    Asiknya The Great Gatsby ini, biarpun kita baca/nonton dengan polos tanpa perlu susah payah nyari makna simbol ini-itu tetep dapet rasa nyeseknya. Ahh Gatsby yang malang.. T_T

    Btw, kata2 "whenever you feel like criticizing anyone..." itu ada di awal2 film deh, Nick yang narasiin

    Kalo buku terjemahannya, aak itu sih parah >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haha... ada ya? koq aku dengernya agak beda ya? :D

      akhirnya aku gak selesai tuh baca terjemahannya... too depressing :d

      Delete